Site Meter Profil Muslimah Teladan | A r t Of S i r a h

Do not stop learning as long as you still life, because no one is born smart, and not the same someone who had knowledge and the ignorant

“Menakjubkan urusan seorang mu’min, jika ia mendapatkan ni’mat maka ia bersyukur dan syukur itu sangat baik baginya. Dan jika ia ditimpa musibah maka ia bersabar dan sabar itu sangat baik baginya.” (HR Muslim & Tirmidzi)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam bersabda, “Demi Alloh, DUNIA ini dibanding AKHIRAT ibarat seseorang yang mencelupkan JARINYA ke LAUT; air yang TERSISA di JARINYA ketika diangkat itulah NILAI DUNIA ( akhirat = LAUT) ” (HR Muslim)

Profil Muslimah Teladan

Posted by Unknown | Sunday, March 24, 2013 | , | 0 comments »

1. Hawa, istri Nabi Adam, merupakan ibu dari seluruh manusia.

2. Saroh, istri Nabi Ibrohim, adalah wanita yang mengimani kenabian Ibrohim dan hidup menderita bersama Nabi Ibrohim dalam dakwah. Saroh terkenal dengan kesholihannya dan kesetiaannya terhadap sang suami. Mereka dikaruniai anak setelah usia lanjut. Nama anaknya Ishaq.

3. Hajar, istri Nabi Ibrohim, adalah profil seorang ibu yang tabah dalam mendidik anak bernama Ismail di tengah padang tandus. Ia menta’ati suami yang mengikuti perintah Alloh dalam berdakwah dan ‘udhiyah (pengorbanan). Ia rela puteranya dikorbankan untuk mengikuti perintah Alloh, meskipun pada akhirnya diganti dengan seekor domba. Ia mantan seorang budak.


4. Asiah binti Muzahim, istri Raja Fir’aun, adalah profil Srikandi Muslimah yang ta’at kepada Alloh dan Rosul-Nya (Nabi Musa) meskipun ia berada dalam cengkraman Raja Fir’aun yang sangat kejam. Kemewahan hidup yang ditawarkan Raja Fir’aun kepadanya tidak menjadikan dirinya menyimpang dari keimanannya, bahkan ia mengharapkan istana di surga.


‎5. Maryam binti Imron, ibu kandung Nabi Isa, adalah seorang wanita perawan suci yang melahirkan seorang rosul bernama Isa. Ia terkenal dengan ketaqwaannya dan kesucian pribadinya. Ia hidup dalam fitnah akan tetapi ia sangat tabah sehingga Alloh Ta’alaa memilihnya sebagai wanita ahli surga.

‎6. Khodijah binti Khuwailid, Istri Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah seorang ibu teladan yang merupakan profil pendukung dakwah yang paling utama, sejak Rosulullohi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam diangkat menjadi rosul sampa...i akhir hayatnya. Ia mendampingi Rosulullohi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam baik di kala suka maupun duka. Dari Khodijah Rosulullohi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam memperoleh 6 orang anak.

7. Fatimah binti Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, istri Ali bin Abu Tholib, adalah profil seorang wanita yang setia kepada suaminya, ia setia membantu bercocok tanam dan menggiling gandum.

‎8. Aisyah binti Abu Bakar, istri Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah istri Rosulullohi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam yang paling muda dan satu-satunya wanita yang dinikahi masih dalam keadaan gadis. Terkenal cerdas dan pandai serta tekun ibadah sunnah, dan meriwayatkan banyak hadits tentang kewanitaan.

9. Habshoh binti Umar bin Khothob, istri Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah seorang wanita yang tekun sekali beribadah, banyak sholat dan puasa sunnah serta dikenal pandai memelihara rumah tangga. Oleh kholifah Abu Bakar ia dipercaya untuk menyimpan dan merawat mushaf Al-Qur’an.

‎10. Asma’ binti Abu Bakar Ash-Shiddiq, adalah profil seorang wanita yang dikenal karena ketabahan dan keberaniannya di medan hijrah, ia membantu Rosulullohi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam di GUA TSUR, dan wanita yang sangat dermawan.

11. Ummu Salamah, istri Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah profil seorang wanita yang menderita ketika hijrah. Terkenal cerdas dan berfikiran jernih, sehingga dapat memberi inspirasi kepada Rosulullohi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam dalam kondisi sulit. Ia banyak meriwayatkan hadits tentan keputrian.

12. Zainab binti Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah putri Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam yang terkenal karena menebus suaminya yang masih kafir dengan kalung pemberian ibunya. Karena keimanannya ia rela berpisah dengan suami yang dicintainya selama 6 tahun.

‎13. Ruqoyah binti Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, istri Utsman bin Affan, adalah wanita yang tabah meskipun menjadi menantu musuh dari ayahnya, ia kemudian dicerai karena permusuhan antara ayahnya dan mertuanya itu. Akhirnya ia mendapatkan suami yang merupakan seorang kholifah dermawan, yakni Utsman bin Affan.

‎14. Khoulah binti Tsa’labah, adalah wanita yang taqwa dan berhati-hati dalam masalah hokum. Sikap Khoulah diabadikan dalam Al-Qur’an.

15. Ummu Imaroh, Nushoibah binti Ka’ab, adalah pembela Rosulullohi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam dalam perang uhud.

‎16. Shofiyah binti Huyay, adalah wanita Yahudi yang lebih mencintai Alloh dan Rosul-Nya daripada kembali ke agama asalnya. Ia terkenal dengan kesabaran dan kecerdasannya.

17. Zainab binti Jahsyi, istri Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah seorang wanita yang langsung dinikahkan Alloh Ta’alaa dengan Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam.

18. Ummu Aiman, ibu asuh Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah seorang wanita yang mulia dan agung, karena jasanya yang besar dalam memelihara dan mendidik Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam di masa kecil. Ia adalah ibu dari Usamah bin Zaid (Panglima pasukan perang Islam melawan Romawi).


19. Shofiyah, bibi Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah seorang wanita yang berhasil menyelamatkan kaum wanita dalam benteng dari ancaman orang Yahudi ketika terjadi perang Khondaq. Ia ikut bertempur membela Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam dalam perang Uhud.

20. Ummi Sulaim, ibu Anas bin Malik. Malik adalah suami pertamanya dan Abu Tholhah suami keduanya. Ummi Sulaim adalah sosok seorang ibu yang tabah dan tenang dalam menghadapi dan mengurus kematian anaknya seorang diri, ia juga mengikuti beberapa perang seperti perang Hunain, Uhud, dan lain sebagainya.

21. Maria Al-Qibty, istri Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, adalah wanita yang dijadikan hadiah dari Raja Qibti di Mesir kepada Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam. Dari Maria memperoleh seorang anak laki-laki bernama Ibrohim, tapi wafat ketika masih kecil.

‎22. Asy Syaffa’ binti Abdulloh, adalah wanita yang terkenal dalam kepandaiannya membaca dan menulis serta muhajir wanita pertama. Ia banyak meriwayatkan hadits.


23. Hamnah binti Jahsyi, istri Mus’ab bin Umar, ia adalah wanita yang kehilangan suami dan saudaranya di medan perang Uhud. Kemudian ia memilih menikah dengan Tholhah bin Ubaidillah dan mendapatkan seorang anak yang bernama Muhammad bin Tholhah.

24. Fatimah binti Khothob, adalah seorang wanita yang terkenal dengan ketaqwaannya. Dengan ketabahan dan keimanannya ia dapat membuka hati kakaknya, yaitu Umar bin Khothob.

0 comments