Site Meter Difraksi Cahaya | A r t Of S i r a h

Do not stop learning as long as you still life, because no one is born smart, and not the same someone who had knowledge and the ignorant

“Menakjubkan urusan seorang mu’min, jika ia mendapatkan ni’mat maka ia bersyukur dan syukur itu sangat baik baginya. Dan jika ia ditimpa musibah maka ia bersabar dan sabar itu sangat baik baginya.” (HR Muslim & Tirmidzi)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam bersabda, “Demi Alloh, DUNIA ini dibanding AKHIRAT ibarat seseorang yang mencelupkan JARINYA ke LAUT; air yang TERSISA di JARINYA ketika diangkat itulah NILAI DUNIA ( akhirat = LAUT) ” (HR Muslim)

Difraksi Cahaya

Posted by Unknown | Monday, June 22, 2009 | | 0 comments »

Imuwan ilmuwan fisika pada awal abad ke 19 diherankan oleh perilaku cahaya yang berbelok di sekitar sudut.

Ketika cahaya dari sebuah sumber titik mengenai tepian yang menghasilkan suatu bayangan, maka tepi bayangan itu tidak pernah tajam secara sempurna. Pada tepian itu kita mendapati adanya pola gelap dan terang secara bergantian. Alasan untuk peristiwa tersebut adalah karena adanya peristiwa difaksi, yang kemudian terjadi efek interferensi yang dihasilkan dari banyak gelombang cahaya.

Difraksi merupakan peristiwa pelenturan cahaya, karena adanya penghalang misalnya celah kisi. Difraksi juga bisa dijelaskan sebagai "pembelokan cahaya disekitar sebuah rintangan"

Difraksi Fresnel
Apabila suatu seumber cahaya dan layar relatif dekat ke kisi yang membentuk pola difraksi.

Difraksi Fraunhofer
Apabila sumber, kisi dan layar cukup jauh jaraknya , sehingga semua garis dari sumber ke kisi dapat dianggap sejajar.

Ketika suatu cahaya dengan panjang gelombang tertentu di lewatkan pada sebuah celah, maka cahaya itu akan mengalami difraksi dan interferensi.

Pada suatu kisi difraksi, tiap celah menimbulkan berkas difraksi atau muka gelombang yang baru, kemudian berkas tersebut saling berinterferensi satu sama lain sehingga menghasilkan pola akhir gelap dan terang

Note : interferensi terjadi hanya jika ada dua atau lebih gelombang .


0 comments